Kamis, 18 Oktober 2012

Tips Cegah Terjadinya Penuaan Dini Sejak Usia Muda

Usia 25-35 bagi seorang wanita adalah masa-masa produktif, dimana mereka harus menangani kesibukan di rumah maupun kantor. Kesibukan yang padat seringkali membuat wanita lupa atau sudah terlalu lelah untuk melakukan perawatan kulit secara rutin. Akibatnya, wajah jadi rentan mengalami penuaan dini.

Perawatan kecantikan tidak sekedar membersihkan wajah, memakai krim pagi dan krim malam. Ada hal-hal lain dalam perawatan kecantikan yang harus Anda perhatikan dan lakukan sejak dini, agar wajah senantiasa tampak muda dalam waktu lama. Ini dia lima tips untuk cegah penuaan sejak masih muda seperti dilansir iDiva. Semakin cepat, maka hasilnya akan lebih baik.

1. Tabir Surya
Semakin bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk meregenerasi dirinya sendiri juga ikut berkurang, dan ini mendorong pembentukan kerutan. Sinar matahari pada kulit sebenarnya memiliki efek baik dan buruk. Sinar matahari dalam porsi dan waktu yang tepat akan membantu tubuh membentuk vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Namun paparan sinar matahari secara berlebihan dan langsung ke kuli bia mempercepat terjadinya proses penuaan kulit, baik di wajah maupun di seluruh tubuh. Untuk kebaikan kulit Anda, mulailah kebiasaan mengoleskan tabir surya setiap harinya sebelum bepergian. Penggunaan tabir surya dapat membantu menghindari cahaya berbahaya sebelum menembus kulit. Banyak produk tabir surya yang ditawarkan. Ada yang berwujud krim, lotion, semprot atau lip balm. Ada juga yang mengandung SPF mulai dari SPF 15 hinga SPF 100. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Konsumsi Air Putih
Bisa dibilang air adalah obat terbaik bagi tubuh Anda, khususnya untuk perawatan kulit. Kekurangan air putih akan membuat tubuh kesulitan menyerap air, sehingga kulit menjadi kering dan mudah berkerut. Oleh karena itu sangat penting mengonsumsi air yang banyak karena dapat membalikkan kerusakan dan mengurangi proses penuaan. Anda bisa menggunakan toner dengan bahan dasar air untuk membantu agar kulit bersih dari sisa-sisa kotoran yang menyumbat pori, dan juga membuat kulit lebih bersih dan cerah.

3. Stop Merokok dan Minum Alkohol!
Merokok memiliki efek yang buruk untuk kulit Anda, begitu juga semua minuman keras yang Anda konsumsi! Konsumsi secara berlebihan dan dalam dosis besar dapat membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan yang sulit diperbaiki. Oleh karena itu, mulailah secara perlahan menghentikan kebiasan buruk tersebut, Anda akhirnya akan bisa melihat perbedaannya di kulit. Lihat bagaimana kulit Anda akan bernapas lebih mudah tanpa adanya asap rokok dan minuman keras yang menghambat pembentukan kolagen di kulit.

4. Tidur yang Cukup
Pastikan siklus tidur Anda sehat dan cukup. Melakukan aktivitas tanpa energi yang cukup dalam jangka waktu lama hanya akan memperburuk kondisi tubuh Anda. Dampaknya, wajah akan merefleksikan semua ketegangan dan stres dari segala jadwal sibuk Anda. Seseorang dengan waktu istirahat yang cukup tidak akan memiliki 'kantung' besar di bawah mata mereka! Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan krim malam yang dapat meremajakan kulit, atau kompres mata denga ketimun atau air dingin untuk membuat mata terlihat lebih segar.

5. Berpikiran Positif
Terakhir, seseorang yang bahagia berarti kulit yang lebih sehat, minus semua kerut-kerut halus! Jadi tetap tenangkan diri Anda, bilamana pekerjaan dan berbagai persolalan hidup mulai mengambil alih hidup Anda. Carilah waktu untuk duduk dan bersantai sejenak di tengah-tengah rutinitas, lakukanlah hal-hal yang disukai dan membuat Anda tertawa.
SUMBER:http://surabaya.detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar