Selasa, 23 Oktober 2012

Jangan Lemah, Cari Arti Bahagiamu

Gampang menyerah, suka iri, selalu merasa kurang adalah ciri pribadi yang lemah. Jangan lemah menjalani hidup yang penuh warna ini. Anda berhak menikmati bahagia.

Kebahagiaan bukan diukur dari harta, wanita, karir atau materi lainnya? Bahagia bisa didapat dari apa saja dan dimana saja. Namun yang pasti, bahagia adalah ketika Anda tersenyum dan membagi senyuman itu pada orang lain.

Tidak peduli apakah itu hal kecil atau besar yang membuat Anda tersenyum, yang pasti memfokuskan diri pada kebahagiaan tseiap harinya tidak hanya menjaga kesehatan emosi Anda tapi juga kesehatan fisik.

Ini dia tips yang bisa membuat Anda kuat dan merasa bahagia setiap harinya dan meninggalkan perilaku cengeng dalam hidup seperti dikutip RealAge, Sabtu (25/7/2009).

1. Buatlah Harimu Bernilai dan Beragam.
Jangan lupa melakukan hal apapun yang berguna dan beragam untuk mengisi harimu. Apakah membaca novel, sarapan yang sehat, berjalan kaki, mendengarkan musik, atau hanya duduk di teras rumah. Pastikan Anda melakukan hal yang beragam setiap harinya.

Cobalah membuat perencanaan mengenai hal apa saja yang ingin Anda kerjakan, sehingga Anda akan teringat terus ketika hal itu belum dilakukan. Jika semua itu terlaksana, senyum akan mengembang dengan sendirinya.

2. Jadilah Pribadi Yang Kuat dan Mandiri
Kita semua pasti pernah mengalami hari-hari yang melelahkan dan berat. Tapi percayalah, apapun yang Anda lakukan sekarang akan menghasilkan sesuatu, baik sekarang ataupun di lain waktu yang mungkin tidak dikira.

Ketika pekerjaan menumpuk dan Anda merasa malas, cobalah berkata pada diri sendiri, 'Saya hanya akan mengerjakannya selama 10 menit', setelah itu Anda akan kaget ketika sepuluh menit terlewati, Anda masih mengerjakan pekerjaan itu dan mulai menyelesaikannya.

Jangan lupa sediakan notebook dan tulislah bagaimana perasaan Anda ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan itu. Catatan tersebut bisa menjadi dorongan dan motivasi ketika rasa malas mulai datang kembali.

3. Singkirkan Stres Dengan Strategi Tepat
Jangan biarkan stres menggantikan kesenangan Anda. Keluarkan semua stres Anda dengan strategi yang tepat. Coba menarik nafas pendek dan dalam disela-sela aktivitas Anda setiap harinya. Ulangi sebanyak 3 atau 4 kali akan membuat oksigen masuk ke dalam tubuh dan menenangkan perasaan.

Sekali-kali, datanglah ke tempat yoga atau tempat pijat untuk mengurangi ketegangan dalam tubuh. Berjalan kaki selama 10 menit pun dapat membangkitkan semangat Anda kembali ketimbang harus ngemil yang dipercaya bisa menghilangkan stres, tapi membuat badan tidak sehat.

4. Bagilah Ilmu dan Keahlian Yang Dimiliki
Berbagi ilmu yang kuasai tidak hanya dapat melatih kemampuan Anda, tapi juga membuat orang lain merasa senang karena mempelajari hal yang baru.

Studi pun menunjukkan bahwa menyumbangkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki dapat meningkatkan kesehatan emosi karena perasaan dilibatkan dalam suatu komunitas dan menjaga pikiran tetap tajam.

5. Hargailah Orang di Sekitarmu
Menghargai seseorang berarti memberi senyuman tulus dan tertawa bersama mereka. Keterbukaan dan kepercayaan yang diberikan pada orang-orang terdekat, baik keluarga atau teman dekat akan memberi Anda perspektif positif untuk menghadapi hari-hari yang berat.

Tertawa bisa menurunkan tekanan darah dan melepaskan endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Jangan mengabaikan hubungan dengan rekan kerja Anda di kantor. Teman sekolah atau kerja dapat memberi dorongan positif dalam menghadapi stres.

Hidup yang bermakna dan bahagia adalah ketika seseorang merasa hidupnya terisi dan terpuaskan, baik fisik maupun emosinya. Hargailah waktu, kebebasan, keterampilan dan hubungan dengan sesama, lalu perhatikanlah apa yang akan terjadi pada hidup Anda.

SUMBER:http://health.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar