Senin, 22 Oktober 2012

Tak Cuma Bikin Segar, Tidur Siang Juga Cegah Penyakit Jantung

Di siang hari terutama sehabis makan, kebanyakan orang akan merasa ngantuk meski harus tetap bekerja. Jika Anda punya waktu istirahat lebih, sebaiknya sempatkan diri untuk tidur siang sebentar. Tak hanya bikin segar, tidur siang juga bisa mencegah penyakit jantung.

Tidur siang yang sehat tak perlu lama-lama, cukup tidur pendek 20 sampai 40 menit. Dengan cara ini, Anda sudah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh peneliti Yunani. Peneliti menemukan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen, seperti dilansir geniusbeauty, Kamis (4/10/2012).

Tubuh merasa mengantuk di siang hari merupakan sinyal bahwa tubuh memang memerlukan waktu istirahat. Secara biologi, tubuh memerlukan tidur pendek (nap), karena pada malam dan tengah hari rangsangan biologi mempunyai kewaspadaan yang rendah.

Tidur pendek akan meningkatkan kebugaran dan kewaspadaan. Oleh karena itu, ada dua periode waktu tidur, yaitu waktu tidur malam yang panjang dan siang yang pendek.

Namun di kehidupan modern seperti sekarang, orang tidak punya cukup waktu untuk tidur karena harus sudah berada di meja kantor lagi.

Padahal, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidur siang dapat meningkatkan sistem metabolisme, mencegah penuaan dini, meningkatkan memori dan membantu menjaga kewaspadaan mental.

Tidur siang yang sehat sebaiknya dilakukan antara pukul 1 dan 3 siang. Sebaiknya tidak tidur lebih dari 45 menit karena jika lebih Anda justru akan terbangun dengan 'kepala berat'.

SUMBER:http://health.detik.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar